Kamis, 24 November 2011

Paradigma Sinetron...manfaat atau engga?

Adakah dari pengunjung disini yang suka nonton sinetron?
Kalo gue jelas ga suka...tapi sering nonton...lhah?
Belakangan ini gue jadi sering nonton sinetron karna komputer gue gue pindah ke samping TV yang biasanya nenek gue tonton...dan acara tiap prime time nya adalah SI-NET-RON...mulai dari "Anak yang Ketuker" , "Si Anak Sakti "Dewa" sama "mama Nabila dan Nugie"
Gue bingung kenapa orang tua demen banget nonton Sinetron?
Menurut gue nonton sinetron ga ada manfaatnya sama sekali,malah bikin pola pikir seseorang jadi ke sinetron-sinetron an....


Kalo dikampus ada yang ngomongin tentang sinetron pasti langsung di cengin,Seolah-olah sinetron itu adalah film yang bagi sebagian orang yang menonton akan di anggap Autis...
Sampe pada suatu hari,gue lagi main komputer gue yang letaknya di samping TV yang biasa nenek gue nonton...Kebetulan acara sinetron saat itu "Mama nabila" kira-kira sekitar jam 10an ya?
yang gue heran nenek-nenek masih bangun sampe jam 10an cuma karna pengin nonton sinetron,seharusnya dia udah istirahat dikamar...Tiba-tiba Henpon gue berdering (ringtone angry bird) secara reflek telepon gue angkat.
Lalu gue jawab dengan nada anak gaul jaman sekarang....
Gue : "Helllooooowwhhhh....."
kebetulan yang nelpon cewe,sebut saja Bunga
Bunga : "Ryaaan....?"
Karna gue tanpa sadar telepon"an disamping TV tentu aja suara Sinetron di TV kedengeran jelas di telinga Bunga yang lagi telepon gue.
(suara sinetron)
Herman (salah satu tokoh jahat) : "Siapa kamuu...?berani-berani nya mengubungi sayaa...!"
Bunga : " Hah......?"
Mama Nabila : "Dimana kamu culik anak saya .....?"
Bunga : "......." "Gue ga nyulik anak lo.....?"
Dengan keadaan kontak yang kacau balau,gue segera menjawab kata-kata Bunga
Gue : "Bukan,Bukan gue itu yang ngomong bunga...."
Bunga : " Apaan sih lo yan nuduh-nuduh gue nyulik anak?"
Gue : " i..ituuuuu....."
Gue masih ga mau ngaku kalo itu suara dari sinetron,Apa kata Dunia nanti kalo cowo kuper,autis + cacad kaya gue ternyata juga nonton sinetron. Bisa diasingkan ke Bantargebang gue sama temen-temen gue karna mengira gue sampah masyarakat.
Bunga : "itu apaa....?jelas-jelas gue udah dituduh...!"
Dengan nada berat akhirnya gue ngaku
Gue : "Itu suara dari SINEETRON Bungaaa...."
Bunga : "What...?Eloooohhhh?Nonton Sinetron.....? (dengan gaya anak gahol)
Gue : " ngg...nggak,bukan...itu....
Bunga : " Iihhhh.....Jadi males gue sama cowo yang doyan sinetron....suka LEBAY!"
#Ckrek (suara telepon terputus)
Gue : "......."

Gara-gara Sinetron,Gue ga jadi ditelepon cewe

Salah satu Sinetron yang tanpa sengaja selalu gue tonton


Anak Dewa....ceritanya rada berbelit-belit


Putrinya ketuker...kok bisa? wkwkwkwkwkkw
Ini baru Sinetron Favorite guee....setuju?

Ada kata-kata yang gue tangkep dari Bunga yang nancep di dalem hati gue....LEBAY
Yap,Sinetron emang lebay...coba deh lo skali-skali nonton sinetron-sinetron...pasti lo smua nemuin maksud dari kata lebay itu...

contoh :
Salah satu scene di sinetron mama nabila,waktu itu mereka terjebak dalam bis yang di dalemnya ada bom...dan bis itu harus terus jalan supaya bom nya ga meledak (kaya Film SPEED)

Mama Nabila : "Nugie....bis kita ada Bom...Kamu jangan panik yaa?" (gmn ga panik?orang ada bom)
Nugie             : "Kalo di bis ini ada Bom...kita semua akan mati dong ma?" (dengan muka polos)
Mama Nabila : "Engga Nugie Sayang....tenang aja kita akan baik-baik sajaa...." (cukup dengan tenang trus bom nya ga meledak gitu?)
Nugie             : "Okee mama nabila,nugie akan tenang" (super polos)

Kira-kira begitu dialognya....
abis nonton sbentar,gue pergi masak mie....
dan denger-denger mereka selamat setelah bisnya Terjun ke jurang

Sebenernya apa manfaat yang di tangkep dari kita setelah nonton sinetron?
Cewek-cewek yang cantik?cowok-cowok ganteng....cewek berpakaian minim dan seksi?Cowo yang melankolis?
Gaya hidup mewah..?Hampir semua sinetron menggambarkan gaya hidup mewah...kerja di kantoran,duit melimpah....
Permasalahan ceritanya pun ga jauh dari Merebut suami atau istri orang....atau adegan kecelakaan...hilang ingatan....Ada tokoh yang tiba-tiba ada kembarannya....atau merebut perusahaan orang....
Besok-besok gue bikin sinetron yang ceritanya Ada anak yang rela Terjun ke Sungai Amazon,di makan ikan piranha terus tulangnya dimakan ikan Pesut demi Cinta kepada Pacarnya...

Satu-satunya yang gue tangkep dari suatu Sinetron adalah....Sinetron adalah suatu contoh kecil kehidupan nyata yang di alami penduduk di Indonesia...Dimana ada Hura-hura,hidup mewah,Antagonisme,Meraih sesuatu dengan cara yang lick....cinta-cintaan anak muda jaman sekarang,dan lain-lain..


Apapun yang telah di sajikan media kepada kita,hendaklah kita ambil sisi positif nya saja...karna sebagai masyarakat yang berwawasan,kita harus berani menentukan mana yang bermanfaat dan mana yang tidak...


Well ini aja dulu postingan gue minggu ini...mudah-mudahan bermanfaat dan pada terhibur... :D



0 comments:

Posting Komentar